Jumat, 25 Maret 2011

Usaha mengenal kepribadian

Kepribadian

Kata kepribadian adalah kata yang sangat populer dan digunakan dalam banyak sekali wacana. Hal ini membuat pengertian kepribadian kadang disesuaikan dengan konteksnya. Tentu sah-sah saja bukan? Para ahli psikologi, ilmu sosial atau kesejahteraan sosial sendir juga menganggap bahwa kepribadian adalah sesuatu yang abstrak dan rumit.

Berikut ini ada beberapa definisi kepribadian yang sering digunakan di berbagai wacana akademis:

§  Kepribadian adalah organisasi-organisasi dinamis dari sistem psikofisik dalam individu yang turut menentukan cara-caranya yang unik/khas dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya (Allport,1971)

§  Kepribadian adalah susunan unsur-unsur akal dan jiwa yang menentukan perbedaan tingkah laku atau tindakan dari tiap-tiap individu manusia (Koentjaraningrat,1980)

§  Kepribadian merupakan sinergis dari tiga sistem kepribadian yaitu id, ego dan superego (Freud,…)

§  Kepribadian bukanlah sesuatu yang membimbing atau mengarahkah tingkah laku, sebab penyelidikan mengenai kepribadian hanya sah jika memenuhi kriteria ilmiah…(Skinner, pakar Behaviorisme)

§  Integrasi dari sistem kebiasan yang menunjukkan cara yang khas pada individu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya (E.Y Kempt, 1921)

§  Kepribadian adalah pola tingkah laku yang relatif menetap dan menghasilkan reaksi yang konsisten dengan berbagai macam situasi yang berbeda (Frank & Judith McMahon)

§  Pola prilaku yang muncul dan relatif tetap ketika merespon situasi tertentu (Hery wibowo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar